Pemprov Jatim Minta Pompa Air Besar Atasi Banjir

Amaluddin    •    Senin, 26 Sep 2016 22:12 WIB
banjir
Pemprov Jatim Minta Pompa Air Besar Atasi Banjir
Banjir di Kabupaten Sampang, Jawa Timur (Foto: dok/BPBD Jawa Timur)

Metrotvnews.com, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo minta pemerintah pusat menyediakan pompa berukuran besar untuk menguras banjir di wilayahnya. Apalagi banjir di Kabupaten Sampang terjadi hampir setiap tahun.
 
"Jadi pompa besar di Sampang memang sangat dibutuhkan. Kenapa harus pemerintah pusat yang menyediakan, karena harganya mahal," kata Soekarwo, di Surabaya, Senin (26/9/2016).
 
Menurut Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, pemerintah telah membangun tiga penahan air di kawasan Ombhen, Sampang. Selain itu, Pemkab Sampang juga sudah memiliki pompa air. 
 
Namun, pompa yang ada berukuran kecil sehingga tidak mampu mengalirkan limpahan air hujan yang begitu deras mengalir di Sungai Kamuning, Sampang. Akibatnya, air meluap ke permukiman warga. 
 
"Secara geografis, Sampang memang berada dua meter di bawah permukaan air laut sehingga menjadi daerah rawan banjir saat hujan tiba. Makanya butuh pompa besar di Sampang," kata dia.
 
Banjir melanda Kabupaten Sampang, Jawa Timur, pada Minggu 25 September 2016, setelah diguyur hujan deras sejak pukul 04.00 WIB hingga 05.00 WIB. Akibatnya, Sungai Kamuning, Sampang, meluap ke permukiman warga lantaran tak mampu menampung debit air hujan.
 
Sedikitnya delapan desa dan dua kelurahan setempat terendam. Banjir pun meluas ke wilayah sekitarnya meski hujan sudah reda.
 
Banjir yang terjadi di Sampang sendiri merupakan kali keempat selama kurun waktu Februari hingga September 2016. Pada Februari, dan April, banjir melanda wilayah Sampang. Setelah itu Juli lalu banjir kembali terjadi.



(TTD)