Kata Pimpinan DPD Soal Satgas Dana Desa

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 16 Oct 2017 15:03 WIB
berita dpd
Kata Pimpinan DPD Soal Satgas Dana Desa
Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono (Foto:Dok.DPD RI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menyambut baik pembentukan satuan tugas (satgas) Dana Desa. Satgas tersebut akan bertugas mengawasi penggunaan dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat kepada desa di Indonesia.

"Saya kira bagus-bagus saja, hanya jangan sampai satgas ini juga menyerap (menggunakan) anggaran cukup besar," kata Nono, di lobi Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin 16 Oktober 2017.

Senator asal Maluku itu menilai, pengawasan penggunaan dana desa sudah cukup baik. Selain diawasi langsung oleh DPD RI dan DPR RI, beberapa Kementerian/Lembaga juga ikut memantau penggunaan dana desa.

Setidaknya ada beberapa Kementerian/Lembaga yang ikut mengawasi penggunaan dana desa, yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dari segi pemerintahan, Kementerian Desa (Kemendes) dari aspek pembangunan dan penggunaan anggaran, serta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dari aspek keuangan.

"Jadi sebenarnya sudah cukup dari segi pendampingan yang selama ini dilakukan. Tinggal bagaimana mengoptimalkan semua peran yang ada ini agar semua menjadi lancar dan penggunaan tepat guna," ujarnya.

Nono menyebutkan, jika pun selama ini ada penyimpangan penggunaan dana desa, maka hal itu bukanlah kesalaham dari sistem atau pengawasan yang lemah. Tapi, kesalahan penggunaan dana desa dilakukan lebih bersifat individu.

"Jadi sistemnya tidak bisa dinyatakan keliru atau salah," kata Nono.


(ROS)