Ratusan Remaja Terjaring Operasi 'Kuda Liar'

Syaikhul Hadi    •    Minggu, 15 Oct 2017 06:53 WIB
balap liar
Ratusan Remaja Terjaring Operasi 'Kuda Liar'
Ilustrasi balap liar. Foto: MTVN/ Mohammad Rizal

Metrotvnews.com, Sidoarjo : Puluhan Anggota Satuan Shabara dan Satlantas Polresta Sidoarjo membubarkan balap liar yang selama ini dinilai meresahkan masyarakat. Sekitar 200 remaja digelandang petugas ke Mapolresta Sidoarjo dari hasil operasi 'kuda liar' tersebut.

Kepala Satuan Shabara Polresta Sidoarjo, Kompol Deddy Iskandar mengatakan, razia dilakukan pada Minggu, 15 Oktober pukul 01.00 WIB dinihari. Saat itu, ratusan remaja sedang melakukan aksi balap liar disepanjang jalan Jenggolo, Sidoarjo. Mereka yang sedang berkumpul di pelataran jalan raya langsung digrebek petugas.

"Kurang lebih 200-an pelanggar kami amankan dan dibawa ke Mapolresta Sidoarjo untuk dilakukan pendataan," ungkap Kompol Deddy, Minggu, 15 Oktober 2017 dinihari.

Usai digrebek petugas, ratusan pelanggar akhirnya diminta untuk membuka baju dan mendorong motornya dari lokasi ke Mapolresta Sidoarjo.

Deddy mengungkapkan, razia 'kuda liar' dilakukan karena banyaknya laporan yang dinilai meresahkan masyarakat. Di sepanjang jalan tersebut, kerap dijadikan ajang aksi balap liar.

Menurutnya, aksi balap liar yang dilakukan muda-mudi sudah dinilai meresahkan masyarakat. Selain merugikan diri sendiri juga bisa merugikan pengendara lain.

"Targetnya adalah pengendara yang jauh dari kata safety riding. Termasuk muda-mudi yang ketangkap saat melakukan aksi balap liar," jelasnya.

Para muda-mudi yang ditangkap kebanyakan dari kalangan remaja dan anak dibawah umur. Mereka melakukan aksi balap liar tanpa dilengkapi alat pengaman seperti helm. Bahkan tak jarang motor yang digunakan remaja tersebut pretelan.

"Sementara kami lakukan pendataan untuk kepentingan penindakan lebih lanjut. Selanjutnya, masing-masing orang tua mereka akan kami panggil untuk diberi pembinaan," tandasnya.


(DMR)