Libur Akhir Tahun, Daop VIII Tambah 7 Kereta Api

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 21 Dec 2017 16:21 WIB
natal dan tahun baru
Libur Akhir Tahun, Daop VIII Tambah 7 Kereta Api
Stasiun Kereta Api Tulangan Sidoarjo. Medcom.id/ Hadi

Sidoarjo: Lonjakan penumpang kereta api saat Natal dan tahun baru diprediksi naik 5 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk mengantisipasi hal itu, PT. KAI Daop VIII Surabaya menambah sebanyak 7 kereta api dari sebelumnya sebanyak 80 kereta api reguler. 

"Tahun ini, lonjakan penumpang diprediksi naik 5 persen dari sebelumnya. Maka, kami siapkan penambahan 7 kereta api. Jadi, totalnya 87 kereta api," kata Manager Humas Daop VIII Surabaya, Gatut Sutiyatmoko di Stasiun Kereta Api Tulangan Sidoarjo, Kamis, 21 Desember 2017. 

Menurutnya, pergerakan penumpang jelang Natal dan tahun baru bisa terlihat sejak 22 hingga 31 Desember. Maka perlu adanya langkah antisipasi untuk menanggulangi lonjakan penumpang tersebut. 

"Dari 87 kereta api yang ada, kami sediakan tempat duduk kurang lebih 48 ribuan per harinya. Semoga saja dengan adanya persiapan ini warga masyarakat yang hendak mudik melalui jalur kereta api bisa nyaman, aman tanpa kendala apapun," jelasnya. 

Sementara, untuk tarif tiket kelas ekonomi menurutnya tidak ada kenaikan. Karena pemerintah sendiri sudah menetapkan harga tiket. "Sedangkan untuk kereta api komersial, khusus eksekutif maupun bisnis, disesuaikan dengan tarif batas atas," jelasnya. 

Untuk tahun ini, PT KAI juga memberikan diskon harga ticket hingga 40 persen jika pemesanan tiket melalui KAI Access. "Untuk KAI Access sudah kami buka atau layani sejak tanggal 15 Desember kemarin. Jadi, silahkan. Jika masyarakat ingin menggunakan fasilitas itu untuk mendapatkan diskon harga tiket sampai 40 persen," tandasnya.



(ALB)