Banjir Pacitan Surut, Ribuan Warga Masih Mengungsi

Amaluddin    •    Kamis, 30 Nov 2017 17:50 WIB
siklon tropis cempaka
Banjir Pacitan Surut, Ribuan Warga Masih Mengungsi
Banjir yang terjadi di Kabupaten Pacitan memutus sejumlah akses jalan. Foto: Medcom.id / Amaluddin

Surabaya: Ribuan warga Kabupaten Pacitan sampai saat ini masih mengungsi di GOR Pacitan dan Masjid Sinorboyo. Hal itu lantaran ketinggian air di daerah tersebut ini masih tinggi, 60-80 sentimeter.

“Jumlah warga yang ngungsi sampai saat ini sekitar 4.192 orang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Windarto, dikonfirmasi, Kamis, 30 November 2017.

Windarto bilang, para pengungsi mulai mendesak ingin kembali ke rumahnya masing-masing. Namun, BPBD Pacitan, dan tim evakuasi lainnya belum mengizinkan.

“Karena kondisinya belum memungkinkan. Kemudian juga banyak rumah penduduk yang ambruk, tapi ada juga yang rusak ringan dan sedang. Tapi detailnya belum terdata seluruhnya,” ujarnya.

Menurut Windarto, kondisi banjir di wilayahnya terus berangsur baik. Ketinggian air dari 150 sentimeter terus surut mencapai 60 hingga 80 sentimeter.

Selain itu, jaringan seluler juga mulai kembali normal. Sedangkan aliran listrik masih dalam proses perbaikan. “Karena banyak tiang PLN yang roboh masih proses penanganan juga,” ujarnya.

Sementara terkait bantuan kebutuhan para pengungsi sudah terpenuhi. Antara lain kebutuhan air bersih, makanan, minuman, selimut dan lainnya

"Sementara terkait akses jalan yang sebelumnya sempat terputus juga mulai bisa dilalui. Itu kemarin karena ada batu besar melintang dan pohon besar tumbang sehingga butuh waktu untuk mengevakuasi,” katanya.


(ALB)