As'at Malik Resmi Jadi Bupati Lumajang

Amaluddin    •    Kamis, 02 Apr 2015 10:30 WIB
pelantikanpemerintahan
As'at Malik Resmi Jadi Bupati Lumajang
Pelantikan Bupati Lumajang di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya. Foto: Antara/Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Surabaya: Agar roda pemerintahan terus berjalan, akhirnya Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, melantik As'at Malik, Wakil Bupati Lumajang sebagai orang nomor satu di kabupaten itu. As'at menggantikan posisi Sjahrazad Masdar yang meninggal dunia akibat sakit Januari lalu.

Pelantikan bupati tahun ini berbeda dengan pelantikan bupati sebelumnya yang biasa digelar di kantor DPRD setempat. Pelantikan bupati ini baru kali pertama digelar di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya. Ini sesuai pasal 165 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 yang menyebutkan pelantikan bupati/wali kota dipimpin oleh gubernur dan digelar di ibu kota provinsi.

"Jadi, untuk melanjutkan tugas bupati sampai akhir jabatan, pelantikan bupati ini sudah sesuai keputusan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo," kata Soekarwo, di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Kamis (2/4/2015).

Menurut dia, pengangkatan dan pelantikan As'at sudah sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor: 131.35-685 Tahun 2015 tentang Pemberhentian Bupati Lumajang Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor: 131.35-686 Tahun 2015 tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Lumajang Provinsi Jawa Timur.

Soekarwo berharap As'at mampu melanjutkan program yang baik dan menjalankan kewenangannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014. Dia ingin As'at berkomunikasi baik dengan DPRD Lumajang.

"Kedua lembaga pemerintahan itu yakni, Eksekutif dan legislatif harus aktif berkoordinasi, bekerja sama dan menyelesaikan persoalan secara mufakat, bukan dengan mengedepankan ego yang berujung konflik," kata Soekarwo.


(BOB)