NEWSTICKER

NEWS

Belanda & Inggris Amankan Tiket 16 Besar Piala Dunia 2022

Belanda & Inggris Amankan Tiket 16 Besar Piala Dunia 2022

Metro Hari Ini • 12 minutes ago

Belanda dan Inggris mengamankan tiket 16 besar Piala Dunia 2022. Timnas Belanda membuat tuan rumah Qatar kembali malu di hadapan publik sendiri usai menang di laga pamungkas grup A Piala Dunia 2022. Sedangkan Inggris tampil memukau usai menundukkan wales dengan skor 3-0.
 
Tampil di Stadion Al Bayt, De Oranje tampil memukau saat mengalahkan tuan rumah dengan skor 2-0. Gol Belanda sendiri dicetak oleh Cody Gakpo dimenit ke 26 dan Frenkie De Jong dimenit ke 49. Kemenangan ini membuat belanda lolos babak 16 besar dengan status juara grup dengan raihan 7 poin. Belanda ditemani senegal yang juga lolos babak 16 besar usai mengantongi 6 poin.
 
Sedangkan di tempat lain, Inggris menutup laga terakhir mereka dengan kemenangan atas Wales. Three Lions yang tampil di Ahmed bin Ali Stadium, mengalahkan The Dragon dengan skor telak 3-0. Gol Inggris sendiri dicetak oleh marcus rasford dimenit ke 50 dan 68 lalu gol lainnya dicetak oleh Phil Foden dimenit ke 51. 
 
Tampil memukau, Inggris lolos babak 16 besar dengan raihan 7 poin. Selain Inggris, Amerika Serikat juga lolos usai mengantongi 5 poin. Lalu tiga tim lainnya yang lebih dulu memastikan lolos adalah Perancis, Brasil dan Portugal.

PT Pangansari & Media Group Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

PT Pangansari & Media Group Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Kabar dari Kedoya • 20 minutes ago

Pangansari berkolaborasi dengan Media Group mengirimkan ratusan sembako untuk korban gempa di Cianjur, Jawa barat. Bantuan dikirim ke lima kecamatan yang terdampak.

Bantuan sembako yang dikirimkan terdiri dari 100 karung beras dengan berat masing-masing 25 kilogram, 250 mi instan, 8 ribu makanan siap saji produksi PT Pangansari, 150 karton air mineral, serta 8 kilogram kopi tubruk.

CEO Media Group, Muhamad Mirdal Akib bersama Dirut PT Pangansari Group Maghfur Lasah, melepas keberangkatan lima mobil boks untuk mengirimkan bantuan. Sebanyak lima mobil boks terdiri atas tiga mobil Pangansari Peduli dan dua mobil Sahabat Lestari. 

Pangansari dan Media Group juga mengirimkan 16 orang relawan yang tergabung dalam Sahabat Lestari Peduli untuk membantu para korban gempa Cianjur. 

Ditjen Perkebunan Launching Corporate Identity

Ditjen Perkebunan Launching Corporate Identity

Metro Hari Ini • 20 minutes ago

Direktorat Jenderal Perkebunan melaunching corporate identity sebagai lambang era baru perkebunan Indonesia. Kehadiran lembaga ini diharapkan mampu mentransformasi nilai kerja perkebunan, yang memiliki fokus responsif dan kolaboratif.
 
Perkebunan Indonesia sebagai etalase dunia memiliki kekuatan besar terhadap tumbuh kembang perkenomian bangsa. Sadar akan hal itu, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjenbun) pun mengambil langkah fokus dan terarah dalam membangun perkebunan Indonesia. Diantaranya dengan efisiensi pemanfaatan sumber daya untuk menetapkan target dan tujuan.

Kehadiran corporate identity sebagai lambang era baru perkebunan Indonesia, serta diharapkan mampu mentransformasi nilai kerja bio-industri perkebunan yang memiliki fokus responsif dan kolaboratif. Motivator Merry Riana menyebut apa yang menjadi semboyan dan logo dirjenbun sangat tepat diterapkan dalam era saat ini. 

Data badan pusat statistik (BPS) mencatat nilai ekspor pertanian periode Januari-September 2022 sebesar Rp485,16 triliun atau naik 7,29%  dibandingkan periode yang sama di 2021. Sub sektor perkebunan menjadi penyumbang terbesar ekspor di sektor pertanian, dengan kontribusi sebesar Rp459,28 triliun.

MGN Gandeng 6 Lembaga Survei untuk Hitung Cepat Pemilu 2024

MGN Gandeng 6 Lembaga Survei untuk Hitung Cepat Pemilu 2024

Kabar dari Kedoya • 45 minutes ago

Media Group Network (MGN) meneken nota kesepahaman (MoU) dengan enam lembaga survei nasional. Kerja sama itu dalam rangka penayangan hitung cepat pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2024, Rabu (30/11/2022).

Keenam lembaga survei tersebut yaitu, Indikator Politik, Charta Politika, Lembaga Survei Indonesia, Poltracking Indonesia, Lingkaran Survei Indonesia dan Cyrus Network.

"Ini akan menambah bobot reliabilitas informasi tentang pemilihan umum (pemilu) dan kredibilitas tentang informasi hasil-hasil pemilu" ujar Presiden Metro TV Don Bosco Selamun. 

Update Jumlah Korban Gempa Cianjur: 328 Meninggal, 12 Hilang

Update Jumlah Korban Gempa Cianjur: 328 Meninggal, 12 Hilang

Metro Hari Ini • 59 minutes ago

Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur bertambah satu orang sehingga total menjadi 328 jiwa. Satu korban jiwa yang ditemukan dalam proses pencarian Rabu (30/11/2022). 

Tim SAR berhasil menemukan satu jenazah korban gempa Cianjur Rabu (30/11/2022). Korban yang masih hilang sebanyak 12 jiwa dan untuk korban luka jumlahnya masih sama dengan sebelumnya yaitu sebanyak 595 orang, 61 diantaranya masih mengalami luka berat dan masih dirawat di rumah sakit di Cianjur.

5 Korban Gempa Cianjur di Cijendil Masih Hilang, Pencarian Terkendala Hujan

5 Korban Gempa Cianjur di Cijendil Masih Hilang, Pencarian Terkendala Hujan

Headline News • 1 hour ago

Memasuki hari ke-10 pencarian korban gempa Cianjur, Tim SAR gabungan masih fokus di area worksite kedua yang berada di Desa Cijedil RT 3 RW 1, Cianjur, Jawa Barat, dengan luas jangkauan sekitar 300 meter persegi. Pencarian difokuskan di tiga titik lokasi yang diduga terdapat banyak korban yang masih tertimbun material tanah longsor. 

Worksite kedua ini berada di area persawahan milik warga yang menjadi sumber pergerakan tanah akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,6. Area ini menjadi sumber longsor yang menimpa sejumlah permukiman warga. 

Sebanyak 450 relawan dikerahkan untuk mencari 5 orang yang masih hilang di area ini. Namun hasil pencarian di hari ke-10 ini masih nihil, karena terkendala gempa susulan dan hujan yang melanda daerah tersebut. 

Alat Berat Dikerahkan untuk Buka Lahan Relokasi Korban Gempa Cianjur di Desa Sirnagalih

Alat Berat Dikerahkan untuk Buka Lahan Relokasi Korban Gempa Cianjur di Desa Sirnagalih

Headline News • 1 hour ago

Kementerian PUPR mulai membuka lahan dan meratakan tanah seluas 2,5 hektare di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat, untuk relokasi warga terdampak gempa. Tiga alat berat dikerahkan untuk membuka dan meratakan tanah. 

Selain di Desa Sirnagalih, Pemerintah Kabupaten Cianjur menyiapkan lahan di Desa Mande seluas empat hektare dan di Desa Cipendawa seluas 10 hektare. 

Viral! Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Pulau Onrust

Viral! Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Pulau Onrust

Headline News • 1 hour ago

Viral di media sosial ribuan ikan naik ke dermaga Pulau Onrust, Keluruhan Untung Jawa, Kepulauan Seribu selatan, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Tidak hanya di Pulau Onsrust, ribuan ikan ini juga terdampar di sekitar Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan, fenomena ribuan ikan naik ke daratan karena perbedaan kadar oksigen dari laut yang berada di tengah ke pesisir atau garis pantai. BMKG mengimbau masyarakat tidak panik karena fenomena tersebut bukan pertanda gempa. 

Pengacara Tepis Kuat Ma'ruf Tahu Skenario Bunuh Brigadir J

Pengacara Tepis Kuat Ma'ruf Tahu Skenario Bunuh Brigadir J

Metro Hari Ini • 1 hour ago

Pengacara Kuat Ma'ruf, Irwan Irawan mengatakan, dari pemeriksaan Richard Eliezer menjelaskan bahwa kliennya tidak tahu-menahu tentang skenarion Ferdy Sambo. Berdasarkan yang dijelaskan Eliezer di persidangan dijelaskan bahwa pembicaraan di lantai tiga dengan Ferdy Sambo tentang skenario pembunuhan terhadap Brigadir J tidak sampai ke Kuat Ma'ruf. 

"Dalam dakwaan itu sudah ditegaskan bahwa seolah-olah Kuat Ma'ruf mengetahui ada rencana tentang peristiwa penembakan di Duren Tiga, sehingga Kuat Ma'ruf sendiri tidak tahu-menahu" ujar Pengacara Kuat Ma'ruf, Irwan Irawan

Terungkap, Anak Racuni Keluarga di Magelang Gunakan Arsenik & Sianida

Terungkap, Anak Racuni Keluarga di Magelang Gunakan Arsenik & Sianida

Metro Hari Ini • 1 hour ago

Racun yang digunakan Dhio Daffa Syadilla kepada tiga anggota keluarganya hingga meninggal dunia diketahui merupakan zat kimia arsenik dan sianida. Hal tersebut didapat dari hasil uji laboratorium forensik terhadap sample racun pada tubuh korban, Rabu (30/11/2022).

Berdasarkan hasil penyelidikan petugas, pelaku mencampur zat arsenik pada minuman dawet. Sementara sianida sendiri diberikan dengan ukuran dua sendok teh pada tiap gelas yang dicampur ke dalam minuman teh dan es kopi. 

Hal tersebut sesuai dengan pengakuan pelaku yang membeli zat kimia arsenik sebanyak 10 gram dan sianida sebanyak 100 gram secara online. 

Sebelumnya, satu keluarga di Dusun Prajenan, Desa Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah ditemukan tewas, Senin (28/11/2022). Ketiganya tewas usai mengkonsumsi minuman yang mengandung racun. 

Tim SAR Kembali Temukan Satu Jenazah Korban Gempa Cianjur di Desa Cicadas

Tim SAR Kembali Temukan Satu Jenazah Korban Gempa Cianjur di Desa Cicadas

Metro Hari Ini • 1 hour ago

Tim SAR gabungan kembali menemukan satu jenazah korban gempa Cianjur yang tertimbun longsor di Desa Cicadas, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (30/11/2022). KOrban tertimbun longsor dampak dari gempa pada 21 November 2022 lalu. 

Korban yang ditemukan bernama Herman (25) dalam kondisi meninggal pukul 14.45 WIB. Menurut Komandan Tim KP Cicadas, Jimmy Kobagau, korban tersebut ditemukan jauh di tempat penggalian yang difokuskan.

"Kami dapat temukan jenazah tersebut di waktu-waktu tersisa ini di site yang berbeda. Jadi kami selama ini tidak berfokus ke situ. Kami menggali di sisi kiri. Namun tadi sempat ada tanda-tanda dan kita coba menggali lebih dalam akhirnya kita mendapatkan korban," kata Komandan Tim KP Cicadas, Jimmy Kobagau dalam tayangan Metro Hari Ini Metro Tv, Rabu (30/11/2022).

Sebelum Tembak Brigadir J, Eliezer Sempat Berdoa Agar Ferdy Sambo Berubah Pikiran

Sebelum Tembak Brigadir J, Eliezer Sempat Berdoa Agar Ferdy Sambo Berubah Pikiran

Metro Hari Ini • 2 hours ago

Usai diperintah Ferdy Sambo untuk membunuh Yosua, Richard Eliezer merasa takut dan tidak fokus. Namun Eliezer sempat berdoa agar Ferdy Sambo berubah pikiran.

"Saya berdoa 'Tuhan kalau bisa ubah pikiran Pak Sambo, kalau bisa ubah pikiran biar nggak jadi', karena saya takut harus cerita ke siapa lagi, saya beraninya berdoa," ujar Richard Eliezer dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022). 

Eliezer pun menangis saat menceritakan detik-detik diminta Sambo untuk mengokang senjatanya. Momen itu diungkap Eliezer saat bersaksi untuk terdakwa Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal di PN Jaksel, Rabu (30/11/2022).

Eliezer: Ferdy Sambo Bilang Yosua Harus Mati

Eliezer: Ferdy Sambo Bilang Yosua Harus Mati

Metro Hari Ini • 2 hours ago

Terdakwa Richard Eliezer mengakui bahwa Ferdy Sambo yang mengatur strategi dan skenario pembunuhan terhadap Brigadir J dan skenario adu tembak. Menurut Eliezer, Sambo saat itu dalam kondisi emosional karena mengklaim Yosua telah melecehkan istrinya. Dengan wajah marah, Sambo mengatakan Yosua harus mati dan memerintahkan Eliezer untuk menembak Yosua.

"Pak Ferdy Sambo bilang ke saya 'kamu tahu enggak ada kejadian apa di Magelang', saya bilang siap saya tidak tahu, nah enggak lama kemudian ibu Putri Candrawathi datang duduk di samping Pak Ferdy Sambo," ujar Richard Eliezer.

Saat itu, Eliezer mengaku melihat Sambo menangis. Sambo bilang bahwa Yosua telah melecehkan Putri saat berada di Magelang.

"Tapi kalau saya yang tembak, tidak ada yang jaga kita. Dia bilang, baru dia masih posisi begitu, saya kan diam, saya tidak menjawab sama sekali, masih antara takut, ini nyata kah yang dia sampaikan ini, kaget juga," ujar Richard Eliezer.

Sambo pun saat itu menceritakan skenario tembak menembak di Duren Tiga kepada Eliezer. Skenario itu yakni Eliezer mendapati Putri berteriak karena dilecehkan Yosua. Setelahnya terjadi tembak menembak.

Isak Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Briptu Lasminto Korban Helikopter Polri yang Jatuh

Isak Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Briptu Lasminto Korban Helikopter Polri yang Jatuh

Metro Hari Ini • 2 hours ago

Suasana haru menyelimuti keluarga saat jenazah Briptu Muhammad Lasminto tiba di rumah duka, di Perumahan Korem Kodam III Siliwangi, Kelurahan Cilaku, Curug Kota, Serang Banten. Briptu Muhammad merupakan Kopilot helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Bangka Belitung.

Istri Briptu Lasminto menangis histeris, tak menyangka suaminya menjadi korban kecelakaan helikopter Polri yang jatuh di Bangka Belitung. Setelah sempat disemayamkan, jenazah Briptu Lasminto kemudian dimakamkan dengan upacara kedinasan Polri. 

Usai dimakamkan, ayah almarhum bercerita anaknya sempat menghubungi ibunya sebelum terbang. 

H+10 Gempa Cianjur, Pencarian Korban Hilang Masih Berlangsung

H+10 Gempa Cianjur, Pencarian Korban Hilang Masih Berlangsung

Headline News • 2 hours ago

Memasuki hari ke-10 pencarian korban gempa Cianjur tim SAR Gabungan masih terus berupaya mencari jenazah korban. Data terakhir pada Selasa (29/11/2022) jumlah korban meninggal sebanyak 327 dan 13 orang hilang. 

Komandan Kodim 0608 Kabupaten Cianjur Letkol Arm Hariyanto mengatakan, masih ada 13 warga yang dinyatakan hilang. Jumlah warga hilang bertambah setelah adanya laporan baru yang disampaikan oleh kepala desa.

"Tim gabungan berhasil menemukan 4 jenazah sehingga korban hilang tersisa 5 orang. Namun berdasarkan laporan yang kami terima, ada laporan korban hilang tambahan pada Selasa (29/11) pagi yang kami terima dari Desa Cijedil sebanyak 6 orang dan dari Desa Mangunkarta sebanyak 2 orang. Sehingga total korban hilang menjadi 13 jiwa," papar Komandan Kodim 0608 Kabupaten Cianjur di Pendopo Kabupaten Cianjur, Selasa (29/11/2022). 

Misteri Kematian Keluarga Kalideres: Ada Kain Bertulis Mantra & Kemenyan

Misteri Kematian Keluarga Kalideres: Ada Kain Bertulis Mantra & Kemenyan

Metro Hari Ini • 2 hours ago

Polisi mengungkap temuan baru kasus tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (30/11/2022). Yakni kain berisi tulisan yang diduga mantra, buku-buku agama dan kemenyan di lokasi kejadian.

Pihak kepolisian dengan melibatkan ahli sosiologi agama tengah mengusut tulisan yang diduga mantra. Pengusutan tersebut salah satunya bertujuan untuk memastikan penyebab sekeluarga itu tewas.

Sebelumnya, satu keluarga di Kompleks Citra Garden I Extension, Kalideres, Jakarta Barat, ditemukan tak bernyawa pada Jumat (11/11/2022). Mereka ditemukan dalam keadaan membusuk dan diduga telah meninggal selama tiga Minggu. 

Belanda dan Inggris Amankan Posisi 16 Besar Piala Dunia 2022

Belanda dan Inggris Amankan Posisi 16 Besar Piala Dunia 2022

Soccer Time • 3 hours ago nasional

Sejauh ini sudah ada tujuh tim sudah mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Terkini adalah Belanda dan Inggris yang lolos sebagai juara Grup A dan sebagai juara Grup B. Sementara Senegal dan Amerika Serikat memastikan lolos sebagai runner-up

Hingga saat ini, Rabu (30/11/2022), daftar tujuh tim yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar diantaranya Prancis, Brazil, Portugal, Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat.  

Korban Gempa Cianjur Kesal Dijadikan Obyek Swafoto

Korban Gempa Cianjur Kesal Dijadikan Obyek Swafoto

Breaking News • 3 hours ago

Warga terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat merasa kesal melihat adanya warga dari luar Cianjur yang datang ke lokasi bencana untuk menjadikan objek lokasi gempa sebagai lokasi swafoto dan juga membuat konten untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Menurut para korban gempa, mereka merasa keberatan dengan adanya warga luar Cianjur yang datang hanya untuk mencari keuntungan pribadi. Warga juga meminta kepada petugas agar melarang warga luar yang tidak berkepentingan untuk tidak masuk ke wilayah lokasi bencana longsor karena tanah masih labil dan berbahaya. 

PLN Operasikan Pabrik BBJP Terbesar di Indonesia

PLN Operasikan Pabrik BBJP Terbesar di Indonesia

Metro Bisnis • 3 hours ago

PT PLN melalui PLN Indonesia Power, resmi mengoperasikan pabrik Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Cilegon, Banten. Pabrik ini akan menyerap 30 ton sampah segar kota setiap hari, untuk diolah menjadi bahan bakar pengganti batu bara Co-Firing di PLTU Suralaya.

Indonesia terus mengembangkan energi alternatif dari berbagai sumber daya, untuk mengurangi emisi karbon sekaligus menciptakan peluang ekonomi dan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Salah satunya dengan mengolah sampah segar kota menjadi bahan bakar pengganti batu bara ntuk pembangkit listrik, seperti yang dilakukan oleh PT PLN bersama Pemkot Cilegon Banten di TPAS Bagendung.

Direktur utama PT PLN Darmawan Prasodjo saat meresmikan pabrik BBJP di TPAS Bagendung menyatakan, pengoperasian pabrik BBJP ini memberikan efek berganda yang sangat besar, baik bagi PLN, Pemkot maupun masyarakat Cilegon. Karena tidak hanya memberikan kepastian pasokan bio masa untuk bahan baku Co-Firing bagi pembangkit PLN, tetapi juga membangun ekonomi kerakyatan karena dioperasikan langsung oleh BUMD dan menyerap tenaga kerja lokal. 

AS Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Joe Biden Ikut Rayakan Kemenangan

AS Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Joe Biden Ikut Rayakan Kemenangan

Soccer Time • 3 hours ago

Sorak sorai bergemuruh di sejumlah kota Amerika Serikat saat tim kesayangannya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, usai mengalahkan Iran 1-0 pada matchday ketiga Grup B. Presiden Joe Biden bahkan tidak bisa menutupi perasaan bahagianya atas keberhasilan Timnas Amerika Serikat.

Sumbangan gol dari Christian Pulisic pada menit ke-38 berhasil membawa Timnas Amerika Serikat mendapatkan tiket ke babak 16 besar. Kemenangan Amerika Serikat ini memberikan harapan besar bagi para fans agar tim kesayangannya bisa berbuat lebih baik di fase gugur.

Meski tertekan di menit-menit akhir, tim dengan julukan The Yanks berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 atas Iran. Hal ini membuat AS sebagai runner up Grup B dan akan bertemu Belanda di babak 16 besar.

Argentina-Polandia Siap Kerahkan Kekuatan Terbaik pada Laga Grup C Piala Dunia 2022

Argentina-Polandia Siap Kerahkan Kekuatan Terbaik pada Laga Grup C Piala Dunia 2022

Soccer Time • 3 hours ago

Argentina akan menghadapi Polandia di laga pamungkas Grup C Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini hari WIB. Laga Argentina vs Polandia tidak lepas dari duel dua bintang veteran masing-masing tim yakni Lionel Messi dan Robert Lewandowski.

 Pelatih timnas Argentina, Lionel Skaloni menolak untuk membandingkan performa keduanya, ia lebih memilih untuk memuji Lewandowski sebagai pemain yang luar biasa untuk Polandia. 

Pengusaha Gugat Penetapan UMP 2023 ke MA

Pengusaha Gugat Penetapan UMP 2023 ke MA

Metro Bisnis • 3 hours ago

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan sembilan asosiasi lainnya menggugat Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) 18/2022 ke Mahkamah Agung (MA). Payung hukum kenaikan upah minimum 2023 tersebut dinilai cacat hukum karena melangkahi UU Cipta Kerja dan mengubah norma pengupahan yang diatur dalam PP 36/2021. 

"Kami tidak menentang kenaikan upah. Namun pemerintah agar konsisten tegakkan PP 36/2021 yang lebih matang secara substansi," ujar Ketum Apindo, Hariyadi Sukamdani, Selasa (29/11/2022). 

Asosiasi pengusaha menyoroti dampak ekonomi serta sosial pemberlakuan aturan upah baru ini. UMP ini. Tingginya persentase kenaikan upah 2023 memberatkan pengusaha karena harus juga melakukan penyesuaian nilai insentif sedangkan ada pelemahan sektor padat karya. 

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Stroke (3)

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Stroke (3)

Go Healthy • 3 hours ago

Narasumber Go Healthy kali ini bernama Syafei Halim, ia bercerita bahwa dirinya sempat merasakan dampak akibat terkena stroke. Syafei harus bergantung kepada sang istri untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Karena tak ingin terpuruk dengan keadaan kini Syafei berusaha bangkit melawan stroke. 

Berkat menggunakan teknologi laser, kesehatan Syafei sudah kembali meningkat. Syafei bisa berjalan tanpa alat bantu, bahkan Syafei sudah mampu untuk menyetir mobil dan mengendarai motor roda tiga. 

IHSG Ditutup Menguat di Level 7.081

IHSG Ditutup Menguat di Level 7.081

Metro Bisnis • 3 hours ago

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat di level 7.081 setelah sempat dibuka di teritori merah, Rabu (30/11/2022). Nilai transaksi pada hari ini mencapai Rp25,6 triliun.

Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan ini dipengaruhi kenaikan komoditas, yakni kenaikan harga nikel yang menguat 0,82% juga ikut menggerek posisi IHSG. 

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Stroke (2)

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Stroke (2)

Go Healthy • 3 hours ago

Narasumber Go Healthy kali ini bernama Syafei Halim, ia bercerita bahwa dirinya sempat merasakan dampak akibat terkena stroke. Syafei harus bergantung kepada sang istri untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Karena tak ingin terpuruk dengan keadaan kini Syafei berusaha bangkit melawan stroke. 

Berkat menggunakan teknologi laser, kesehatan Syafei sudah kembali meningkat. Syafei bisa berjalan tanpa alat bantu, bahkan Syafei sudah mampu untuk menyetir mobil dan mengendarai motor roda tiga. 

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Stroke (1)

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Stroke (1)

Go Healthy • 3 hours ago

Narasumber Go Healthy kali ini bernama Syafei Halim, ia bercerita bahwa dirinya sempat merasakan dampak akibat terkena stroke. Syafei harus bergantung kepada sang istri untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Karena tak ingin terpuruk dengan keadaan kini Syafei berusaha bangkit melawan stroke. 

Berkat menggunakan teknologi laser, kesehatan Syafei sudah kembali meningkat. Syafei bisa berjalan tanpa alat bantu, bahkan Syafei sudah mampu untuk menyetir mobil dan mengendarai motor roda tiga. 

Seorang Polisi Tewas Ditembak di Depan Kantor BRI Yahukimo Papua

Seorang Polisi Tewas Ditembak di Depan Kantor BRI Yahukimo Papua

Headline News • 3 hours ago nasional

Anggota Polres Yahukimo Brigadir Polisi Muhammad Yushdar meninggal dunia usai ditembak orang tak dikenal di depan Bank BRI, Jalan Raya Jenderal Sudirman, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo Papua, Selasa (29/11/2022) sekitar 23.09 WIT.

Saat kejadian tersebut korban hendak menuju bank BRI untuk melakukan penarikan sejumlah uang. Korban sempat bertemu tiga orang saksi kemudian terdengar tembakan dari arah yang tidak diketahui dan seketika korban terjatuh. Saksi yang melihat korban terjatuh langsung memberi tahu personil Pam Obvit BRI untuk melakukan pertolongan.

Namun, saat dievakuasi ke rumah sakit korban tidak dapat tertolong dan dinyatakan meninggal dunia. Rencananya jenazah Brigadir Polri Muhammad Yushdar akan diberangkatkan ke Jayapura untuk dilakukan autopsi selanjutnya akan di berangkatkan ke kampung halaman di Kota Baru, Sulawesi Selatan. 

Kurang Penggarap, Pengembangan Lahan Food Estate di Kalteng Dihentikan Sementara

Kurang Penggarap, Pengembangan Lahan Food Estate di Kalteng Dihentikan Sementara

Metro Bisnis • 3 hours ago

Pemerintah terus meningkatkan cadangan pangan nasional dengan membangun kawasan food estate di sejumlah daerah, seperti lahan food estate yang siap tanam di Kalimantan Tengah seluas 43.500 hektare. Namun, upaya tersebut kini terkendala karena kekurangan orang yang menggarap, sehingga pengembangannya dihentikan sementara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam Raker bersama Komisi V DPR RI mengungkapkan untuk mendukung food estate di Kalimantan Tengah. Kementerian PUPR telah rehabilitasi jaringan daerah irigasi rawa sepanjang 2.195 kilometer, membangun 166 pintu air, membuat 230 jembatan, hingga membangun peningkatan jalan sepanjang 77 kilometer.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan gerakan tanam padi di kawasan food estate Kapuas, dan mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pengembangan pertanian di lahan food estate ini. 

Syahrul mengatakan meski hasil panen tidak sebanyak di Jawa dan Sulawesi karena berada di lahan rawa, lahan di Kalimantan Tengah ini bisa ditanam, dan bisa dikembangkan karena didukung dengan sistem pengairan dan infrastruktur yang baik.

BI Proyeksi Kredit Bakal Tumbuh 10-12% di 2023 dan 2024

BI Proyeksi Kredit Bakal Tumbuh 10-12% di 2023 dan 2024

Metro Bisnis • 3 hours ago

Bank Indonesia memperkirakan stabilitas sistem keuangan pada 2023 akan tetap terjaga. BI memproyeksikan kredit pada 2023 dan 2024 bakal tumbuh di kisaran 10-12 persen.
 
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia 2022 mengungkapkan pada tahun depan Bank Indonesia melihat penawaran kredit perbankan akan kondusif dan likuiditas perbankan lebih dari cukup, sehingga kebutuhan kredit akan membaik.
 
Menurut Perry, Bank Indonesia bersama KSSK, OJK, Kemenkeu dan LPS terus bersinergi dan inovasi untuk menjaga ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional. Sinergi yang kuat ini telah terbukti selama pandemi. Kedepan, Bank Indonesia akan meningkatkan insentif makro prudensial untuk mendukung pertumbuhan kredit dan menjaga stabilitas keuangan.

Jokowi: Investasi Jadi Rebutan Semua Negara, Kita Jangan Persulit

Jokowi: Investasi Jadi Rebutan Semua Negara, Kita Jangan Persulit

Metro Bisnis • 3 hours ago

Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan jajarannya di pusat maupun daerah untuk berhati-hati mengambil kebijakan di tengah gejolak ekonomi global saat ini. Terutama dalam memperlakukan investasi yang saat ini menjadi rebutan banyak negara.

Dalam Rakornas Investasi 2022 di Jakarta, Rabu (30/11/2022) pagi, Presiden Jokowi menegaskan krisis multi dimensi kini menghantui semua negara. Mulai dari urusan inflasi, pertumbuhan ekonomi, krisis energi, krisis pangan hingga krisis keuangan. Karena itu, investor jadi rebutan semua negara agar ada arus modal masuk untuk menopang pertumbuhan ekonomi.
 
Untuk itu, Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran pemerintah menerapkan prinsip kehati-hatian di semua kebijakan, baik fiskal, moneter maupun investasi agar dampak krisis global ke ekonomi domestik bisa dimitigasi. Presiden mengingatkan kepercayaan yang sudah Indonesia dapatkan jangan sampai hilang karena salah memperlakukan investasi yang masuk.

Eliezer Terbata-bata Ceritakan Detik-detik Eksekusi Brigadir J

Eliezer Terbata-bata Ceritakan Detik-detik Eksekusi Brigadir J

Headline News • 4 hours ago nasional

Dalam persidangan kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Nofriyansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Terdakwa Richard Eliezer dengan terbata-bata cerita jelang dirinya mengeksekusi Brigadir J setelah Ferdy Sambo menjelaskan skenario yang telah dirancangnya untuk membunuh Brigadir J.

"Pikiran saya mau makan tetapi sudah tidak fokus lagi, pikiran saya sudah kacau. Rencana mau makan malah tidak jadi makan lalu saya baru mau turun (dari lantai dua rumah Ferdy Sambo) langsung saya masuk ke toilet dan berdoa, saya bilang tuhan kalau bisa tuhan ubahkan fikiran pak Sambo biar tidak jadi. Sebab saya takut juga dan saya tidak tahu mau cerita ke siapa lagi pada saat itu, saya cuma berani berdoa," urai Terdakwa Richard Eliezer, PN Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022).

H+10 Gempa Cianjur, SAR Fokus Evakuasi Korban di Cijedil

H+10 Gempa Cianjur, SAR Fokus Evakuasi Korban di Cijedil

Breaking News • 4 hours ago nasional

Memasuki hari ke-10 pencarian korban gempa Cianjur, Tim SAR gabungan masih fokus di tiga titik area worksite kedua yang berada di Desa Cijedil RT 3 RW 1, Cianjur, Jawa Barat dengan luas jangkauan sekitar 300 meter persegi. 

Pencarian difokuskan di tiga titik lokasi yang diduga terdapat banyak korban yang masih tertimbun material tanah longsor. Worksite kedua yang berlokasi di Cianjur terdapat area persawahan milik warga yang menjadi sumber pergerakan tanah akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,6, area ini menjadi sumber longsor yang menimpa sejumlah permukiman warga. Lokasi ini juga sebagai jalur yang bisa dilewati alat berat seperti alat pengeruk tanah (Ekskavator).

Pakar: Pernyataan yang Diberikan Eliezer Terlihat Konsisten

Pakar: Pernyataan yang Diberikan Eliezer Terlihat Konsisten

Breaking News • 5 hours ago

Pakar Hukum Pidana Abdul Fickar Hadjar menyatakan pernyataan yang diberikan Richard Eliezer sebagai justice collaborator dan saksi dari dua terdakwa lainnya, yaitu Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf terlihat konsisten dan jujur untuk membuka kasus ini seterang-terangnya.

Sebelumnya, Pengacara Richard Eliezer, Ronny Talapessy menyampaikan terdapat perbedaan keterangan yang disampaikan saat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf yang posisinya dapat menyudutkan kliennya.

Berdasarkan hukum acara pidana, keterangan yang benar adalah ketika seseorang memberikan keterangan di depan pengadilan. Jika keterangan tersebut berbeda dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) maka hakim akan mengkonfirmasi kembali, apa alasan perbedaan tersebut.

"Biasanya yang menjadi alasan keterangan berbeda dengan BAP kalau tidak di tekan, terpaksa, atau adanya situasi yang menekannya ketika diperiksa di dalam penyidikan," ujar Pakar Hukum Pidana Abdul Fickar Hadjar.

Eliezer: Kenal Kuat Ma'ruf  di Bulan Puasa 2022

Eliezer: Kenal Kuat Ma'ruf di Bulan Puasa 2022

Breaking News • 5 hours ago

Richard Eliezer sempat ditanya Majelis Hakim awal mula kenal dan bertemu dengan Kuat Ma'ruf. Eliezer menyebut bulan puasa 2022 merupakan saat pertama bertemu dengan Kuat Ma'ruf.

Hal ini diungkap Bharada E saat bersaksi dalam sidang lanjutan perkara pembunuhan berencana Brigadir J dengan terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022).

“Baru kenal sekitar bulan puasa 2022 sampai lebaran ketemu Om Kuat pertama kalinya. Habis ketemu, Om Kuat berangkat untuk tinggal di Magelang dengan Ricky,” Ujar Richard Eliezer.

Eliezer menjelaskan, Kuat merupakan anak buah Ferdy Sambo yang sudah lama bekerja dengan eks Kadiv Propam Polri tersebut. Namun, Eliezer tak mengetahui persis tugas Kuat Ma’ruf.

“Setahu saya beliau mantan sopir bapak. Kerja dengan bapak sejak tahun berapa tidak tahu tetapi sudah lama,” ujar Richard Eliezer.

Soal Sarung Tangan Ferdy Sambo, Kuasa Hukum Eliezer: Ricky dan Kuat Menyudutkan Eliezer

Soal Sarung Tangan Ferdy Sambo, Kuasa Hukum Eliezer: Ricky dan Kuat Menyudutkan Eliezer

Breaking News • 5 hours ago

Kuasa Hukum Richard Eliezer, Ronny Talapessy menyebut salah satu yang krusial adalah sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo pada saat tewasnya Brigadir J. Ricky dan Kuat sempat mencabut berita acara pemeriksaan mengenai sarung tangan ini, hal ini menjadi pertanyaan besar bagi Ronny.

"Titik krusial penting adalah mereka melihat sarung tangan, tetapi kenapa mereka mengubah bersama-sama, mereka menyudutkan Eliezer di BAPnya mereka" ujar Kuasa Hukum Richard Eliezer, Ronny Talapessy.

Eliezer Cerita Peristiwa 7 Juli Sebelum Tewasnya Brigadir J

Eliezer Cerita Peristiwa 7 Juli Sebelum Tewasnya Brigadir J

Breaking News • 5 hours ago

Ketua Majelis Hakim menanyakan Richard Eliezer mengenai peristiwa yang terjadi pada 7 Juli sebelum Brigadir J tewas. Eliezer menceritakan kronologis ketika dirinya dan Bripka Ricky sedang berada di Sekolah Taruna Magelang, Putri Candrawathi menelepon sambil nangis dan panik, dan menyuruh mereka untuk segera pulang.

Menurut pengakuan Eliezer setibanya di rumah ia sempat menanyakan yang terjadi kepada Kuat Ma'ruf sopir pribadi Putri Candrawathi, Susi asisten rumah tangga Ferdy Sambo, termasuk mendiang Brigadir J, namun semuanya tak ada yang menjawab.

Eliezer mengaku ia sempat menengok ke kamar ada Putri Candrawathi yang sedang terbaring di kasur. Elizer pun mengatakan saat itu dia juga melihat Kuat dalam penuh emosi mengatakan dirinya untuk tidak usah mengetahui dulu permasalah tersebut.

"Om ada masalah apa?," ujar Eliezer saat menanyakan ke Kuat Ma'ruf.

"Udah kamu ga usah tau dulu," kata Eliezer mencontohkan jawaban Kuat Ma'ruf ke dirinya.

Eliezer juga sempat bertanya kepada Brigadir J, namun saat itu Brigadir J juga tidak mengetahui dan menyebut bahwa Kuat marah-marah.

Pakar: Keterangan Eliezer Sambil Menangis Bisa Dinilai Sebagai Pernyataan Jujur

Pakar: Keterangan Eliezer Sambil Menangis Bisa Dinilai Sebagai Pernyataan Jujur

Breaking News • 5 hours ago Brigadir J

Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan mengatakan, sebagai justice collaborator, keterangan Eliezer dengan runtut sambil menangis bisa dinilai hakim sebagai pernyataan jujur. 

"Sebagai justice collaborator, keterangan Richard Eliezer yang menjelaskan kejadian penembakan terhap Brigadir J dengan runtut dan menangis merupakan pernyataan yang jujur," kata Asep Iriawan saat diwawancarai di Breaking News Metro TV, Rabu (30/11/2022).

"Saya menilai Eliezer menembak Brigadir J memang karena perintah atasan karena Eliezer mengaku tidak ingat berapa kali dan ke arah mana dia menembak," sambungnya. 

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Rabu (30/11/2022). Ketiga terdakwa yakni Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf akan menjadi saksi satu sama lain. 

Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf akan menjadi saksi bagi terdakwa Richard Eliezer. Sementara Richard Eliezer dan Kuat Ma'ruf akan menjadi saksi bagi Ricky Rizal. Terakhir, Ricky Rizal dan Richard Eliezer akan menjadi saksi bagi Kuat Ma'ruf. 

Eliezer Cerita Ada Insiden Putri Candrawathi Marah pada Juni 2022

Eliezer Cerita Ada Insiden Putri Candrawathi Marah pada Juni 2022

Breaking News • 5 hours ago

Majelis hakim menanyakan ke Eliezer apakah ada pertengkaran antara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Richard Eliezer menjelaskan kejadian pada Juni 2022 dan melihat Putri Candrawathi sedang marah.

"Pada saat mampir di kediaman Bangka, ibu turun, saya lihat kondisi ibu lagi marah dan saya tidak berani menanyakan," ujar Richard Eliezer.

Richard Eliezer mengatakan saat itu dirinya piket bersama almarhum Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) dan Matius Marey menjaga rumah di Jalan Saguling 3. Ia mengaku melihat Putri Candrawathi turun dari lantai dua disusul Brigadir J yang membawa senjata api dan langsung menaruhnya di mobil.

Kemudian Putri memanggil tiga ajudan itu ke mobil. Eliezer dan Matius duduk di belakang, sedangkan Putri dan Brigadir J di depan mobil. Mereka berempat berkeliling Kemang dan singgah di rumah Jalan Bangka. Brigadir J mengatakan ke Eliezer akan ada teman Ferdy Sambo bertamu ke rumah Bangka. 

Tanggapi Kesaksian Eliezer soal Senpi Brigadir J, Pengacara Ricky Rizal: Nanti Kami Tanyakan

Tanggapi Kesaksian Eliezer soal Senpi Brigadir J, Pengacara Ricky Rizal: Nanti Kami Tanyakan

Breaking News • 5 hours ago Brigadir J

Kuasa Hukum Ricky Rizal, Erman Umar, menyebut, akan mempertanyakan kepada Ricky soal pernyataan Eliezer yang menyebut kliennya itu mengambil dan menyimpan senpi milik Brigadir J.

"Nanti akan kami tanyakan kepada Ricky soal pernyataan Eliezer yang menyebut Ricky mengambil dan menyimpan senpi Yosua," kata Erman Umar, Rabu (30/11/2022). 

Pakar: Richard Eliezer Tetap Dikenakan Pasal Pembunuhan, Namun Bisa dengan Opsi Hukuman Ringan

Pakar: Richard Eliezer Tetap Dikenakan Pasal Pembunuhan, Namun Bisa dengan Opsi Hukuman Ringan

Breaking News • 5 hours ago nasional

Sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Brigadir J, terdakwa Richard Eliezer terus mengelak dirinya hanya menjalankan perintah dari atasan. Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan mengungkapkan dengan kesaksian Richard Eliezer tersebut, Eliezer tetap kena pasal pembunuhan, namun bisa dengan opsi hukuman yang ringan.

"Tapi ingat ada kecualian hukum dipasal 42 sampai 51 itu ada alasan peringan, ada alasan penghapus dan alasan pemberat. Perbuatan menghilangkan nyawa karena undang-undang karena perintah jabatan dia tidak dapat dipidana yang dipidana itu yang memerintahkan, pasal 51 Ayat 2 KUHP Richard Eliezer tetap kena pasal pembunuhan, namun bisa dengan opsi hukuman yang ringan." jelas Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan.

Pasal 51 ayat 2 KUHP menyatakan perintah jabatan tanpa wewenang tidak menyebabkan hapusnya pidana kecuali jika yang diperintah dengan iktikad baik mengira bahwa perintah diberikan dengan wewenang dan pelaksanaannya termasuk dalam lingkungan pekerjaan.

Selain itu, pasal 51 KUHP  juga tidak dapat dikenakan karena saat melakukan perintah dari atasan (Ferdy Sambo), Eliezer dalam kondisi memiliki kebebasan berkehendak atau tidak dalam situasi darurat memaksa semisal perang atau pertempuran.

Kesaksian Eliezer Soal Rencana Ferdy Sambo Terhadap Pembunuhan Brigadir J

Kesaksian Eliezer Soal Rencana Ferdy Sambo Terhadap Pembunuhan Brigadir J

Breaking News • 5 hours ago

Sidang lanjutan kasus Brigadir J menghadirkan terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf untuk menjadi saksi satu sama lain, Rabu (30/11/2022). Dalam persidangan, Eliezer mengungkap rencana dan skenario yang dibuat oleh Ferdy Sambo dari awal hingga terjadinya pembunuhan terhadap Brigadir J. 

Eliezer menjelaskan kepada majelis hakim bahwa Sambo melakukan perencanaan dan menyampaikan skenarionya di rumah Saguling. Eliezer menyebut Putri Candrawathi berada di ruangan yang sama saat Sambo sedang menjelaskan skenario tersebut. Hal ini dapat diartikan bahwa Putri mengetahui adanya rencana pembunuhan. 

Saat di rumah Duren Tiga, Eliezer memasuki rumah dan melihat Sambo sedang mengokang senjata dengan menggunakan sarung tangan hitam. Sambo juga meminta Eliezer untuk mengokang senjatanya. Tak lama setelah itu, Brigadir J memasuki rumah Duren Tiga, Sambo langsung menyuruh Brigadir J untuk berlutut dan memerintah Eliezer untuk menembak. 

Eliezer langsung menembak Brigadir J dengan jarak satu sampai dua meter dan ada tiga tembakan. Setelah itu, Sambo langsung mengambil senjata dan menembak beberapa kali hingga Brigadir J tak sadarkan diri. Untuk menjalani skenarionya, Sambo mengambil senjata lain dan menembakkan ke dinding. 

Setelah terjadinya tragedi pembunuhan Brigadir J, Sambo meminta Eliezer melancarkan skenarionya dengan mengungkap adanya tindakan pelecehan seksual dan aksi tembak menembak. Eliezer mempertahankan skenario tersebut selama satu bulan hingga akhirnya Eliezer berpikir jernih serta timbul rasa bersalah dan Eliezer merasa harus mengungkapkan kebenaran dari kasus ini. 

4 Ribu Pelari Ramaikan Borobudur Marathon 2022

4 Ribu Pelari Ramaikan Borobudur Marathon 2022

Video Advertorial • 5 hours ago

Sebanyak empat ribu lebih pelari meramaikan ajang Borobudur Marathon (BorMar) 2022 yang digelar pada 12-13 November 2022 lalu. Gelaran Bank Jateng kali ini mengusung tema 'Stronger to Victory' agar menyebarkan semangat juang bersama masyarakat Magelang dalam berbagi perjalanan menuju kemenangan.

Dalam BorMar 2022 terdapat tiga mata lomba, yaitu elite race untuk marathon (42,195 kilometer) diikuti 37 pelari nasional yang menjadi salah satu pertandingan utama di BorMar 2022, dan young talent berjarak 10 kilometer diikuti 30 pelari, kemudian tilik candi dengan nomor half marathon (21,095 kilometer) diikuti 4.552 pelari.

Tidak hanya menjadi wadah bertemunya para pelari dari seluruh Indonesia, Borobudur Marathon 2022 juga berpartisipasi dalam pengembangan atlet muda berbakat pada rentang usia 17-20 tahun. Mereka akan dibina untuk ambil bagian pada Borobudur Marathon dan kompetisi nasional lainnya ke depannya.

Poin-Poin Perkembangan Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir J

Poin-Poin Perkembangan Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir J

Breaking News • 6 hours ago

Kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J sudah memasuki pekan keenam, sejak digelar perdana 17 Oktober 2022. Puluhan saksi sudah memberikan keterangan untuk membongkar rekayasa pembunuhan Brigadir J.

Poin-poin perkembangan persidangan kasus tersebut diantaranya yaitu:

1. Fakta yang ditemukan dari CCTV
- Mengetahui siapa saja yang berada di rumah Duren Tiga.
- Momen Adzan Romer buru-buru hampiri Sambo yang hendak turun dari mobil.
- Momen Adzan Romer dan Kodir berlarian.

2. Kejanggalan yang ditemukan
- Intervensi orang per orang.
- tidak dapat amankan saksi dan rekaman CCTV.
- Jumlah peluru di tubuh Yosua.
- Berita Acara Interogasi (BAI) dibuat tanpa keterangan Putri Candrawathi.

3. Pengakuan Ridwan Soplanit: Takut jabatannya dicopot oleh Ferdy Sambo jika tidak mengikuti perintahnya. Saat ini konsekuensi yang didapat oleh Ridwa yaitu:
- Patsus 30 hari.
- Sidang etik.
- Demosi 8 tahun.

4. Fery Sambo minta maaf sudah menyeret penyidik Polres Jaksel. "Saya ingin menyampaikan permohonan maaf kepada adik-adik saya."

5. Waspada Pembelokan Fokus Sidang
- Kubu Ferdy Sambo minta bukti soal pakai sarung tangan atau tidak.
- Mempersoalkan adanya pelecehan seksual.

Pakar: Perubahan Keterangan BAP dengan Keterangan di Persidangan Dapat Dibuktikan dari Barang Bukti

Pakar: Perubahan Keterangan BAP dengan Keterangan di Persidangan Dapat Dibuktikan dari Barang Bukti

Breaking News • 6 hours ago

Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan menjelaskan perubahan keterangan dalam BAP dengan keterangan di persidangan dapat dibuktikan dengan kesesuaian barang bukti.

"Antara saksi, surat dengan alat bukti lain yaitu ahli harus sesuai, jika sekarang ada yang berbeda ya berarti tidak sesuai dan nantinya hakim akan menyampingkan." ucap Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan.

Lebih jauh Asep menerangkan indikator yang bisa membuktikan bahwa keterangan saksi merupakan kesaksian palsu yakni dalam Pasal 185 Ayat 6 menegaskan bahwa saksi harus jujur, objektif, kesesuaian satu dengan yang lain, kesesuaian dengan barang bukti, dan latar belakang saksi.

"Saya kasih contoh indikator itu, Brigadir J dihilangkan nyawa dengan cara ditembak, dikuncilah kesaksian itu oleh si E 'Saya (RE) yang menembak' tembak itu berartikan ada yang terluka dan ahli forensik menyatakan ada luka di dada," ujar Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan.

Asep mengatakan antara keterangan saksi dengan alat bukti berupa surat dari ahli forensik sesuai. Asep melanjutkan jika sekarang ada keterangan berbeda berarti tidak sesuai, hakim akan mengenyampingkan fakta yang tidak sesuai antara para saksi. Hakim mengumpulkan fakta untuk memilih dan memilah kesesuaian dakwaan dan nantinya diuraikan satu persatu.

Pemutaran CCTV di Persidangan, Buktikan Sambo Pakai Sarung Tangan atau Tidak

Pemutaran CCTV di Persidangan, Buktikan Sambo Pakai Sarung Tangan atau Tidak

Breaking News • 6 hours ago

Rekaman CCTV Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan ditayangkan dalam sidang pembunuhan Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo. Dalam rekaman itu menampilkan saat Ferdy Sambo masuk ke rumah sebelum Brigadir J tewas dan turut dipertanyakan tentang dipakai atau tidaknya sarung tangan oleh Ferdy Sambo.

Dalam persidangan terdakwa Ferdy Sambo, JPU memutarkan video CCTV kedatangan Sambo ke rumah dinas Duren Tiga. Hanya saja, tidak terlihat jelas apakah Sambo menggunakan sarung tangan atau tidak karena tertutup mobil hitam.

Kuasa hukum Ferdy Sambo meminta kepada Majelis Hakim untuk menghadirkan saksi Adzan Romer. Romer diminta untuk melihat sendiri rekaman CCTV perihal sarung tangan hitam yang disebut dikenakan Sambo saat itu. 

"Karena keterangan Romer pada saat bersaksi itu menjadi fakta persidangan, kami (kuasa hukum FS) ingin Romer dihadirkan untuk sidang selanjutnya dan CCTV yang tadi tetap diputarkan, ujar kuasa hukum Ferdy Sambo saat sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J, Selasa (29/11/2022).

Sebelumnya, dalam kesaksian Adzan Romer mengatakan pistol yang dibawa Sambo sebelum kejadian pembunuhan Brigadir J jatuh kurang lebih dua langkah usai turun dari mobil. Romer mengaku ingin mengambilkan pistol tersebut, namun Sambo sudah mengambilnya lebih dulu.

Romer juga menjelaskan saat mengambil pistol itu, Sambo sudah mengenakan sarung tangan hitam. Sambo kemudian memasukan pistol tersebut ke saku. Atas kesaksian Romer tersebut, Ferdy Sambo membantah dan mengklaim dirinya tidak memakai sarung tangan saat tiba di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga.

Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J, Richard Eliezer Akui Tak Kenal Kuat Ma'ruf

Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J, Richard Eliezer Akui Tak Kenal Kuat Ma'ruf

Breaking News • 6 hours ago

Dalam persidangan, Richard Eliezer alias Bharada E menyebut dirinya tidak mengenal Kuat Ma'ruf meskipun sudah menjadi ajudan Ferdy Sambo sejak November 2021. Richard Eliezer juga mengaku hubungannya dengan Ricky Rizal hanya sebatas sesama ajudan.

Terdapat juga keterangan yang diungkapkan dalam persidangan yakni, keterangan Eliezer yang menyebut Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi tidak tinggal dalam satu rumah. Hal tersebut dinilai berbeda dari keterangan dari para saksi sebelumnya yang mengatakan Ferdy Sambo tidak pisah rumah meskipun memiliki tempat tinggal yang berbeda.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Rabu (30/11/2022). Ketiga terdakwa yakni Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf akan menjadi saksi satu sama lain. 

Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf akan menjadi saksi bagi terdakwa Richard Eliezer. Sementara Richard Eliezer dan Kuat Ma'ruf akan menjadi saksi bagi Ricky Rizal. Terakhir, Ricky Rizal dan Richard Eliezer akan menjadi saksi bagi Kuat Ma'ruf. 

Kendalikan Hipertensi dengan Pola Hidup Sehat (3)

Kendalikan Hipertensi dengan Pola Hidup Sehat (3)

Go Healthy • 6 hours ago

Narasumber Go Healthy kali ini bernama Ina Marfiani. Ia merupakan seorang pengusaha yang memiliki riwayat hipertensi sejak beberapa tahun lalu. Tekanan darah Ina sempat mencapai angka 200/100. 

Ina menyadari hal tersebut dengan cepat sehingga ia langsung memilih pola hidup sehat dengan cara yang tepat. Dan kini tekanan darahnya sudah terkendali dengan baik. 

Kendalikan Hipertensi dengan Pola Hidup Sehat (2)

Kendalikan Hipertensi dengan Pola Hidup Sehat (2)

Go Healthy • 6 hours ago

Narasumber Go Healthy kali ini bernama Ina Marfiani. Ia merupakan seorang pengusaha yang memiliki riwayat hipertensi sejak beberapa tahun lalu. Tekanan darah Ina sempat mencapai angka 200/100. 

Ina menyadari hal tersebut dengan cepat sehingga ia langsung memilih pola hidup sehat dengan cara yang tepat. Dan kini tekanan darahnya sudah terkendali dengan baik. 

Kendalikan Hipertensi dengan Pola Hidup Sehat (1)

Kendalikan Hipertensi dengan Pola Hidup Sehat (1)

Go Healthy • 6 hours ago

Narasumber Go Healthy kali ini bernama Ina Marfiani. Ia merupakan seorang pengusaha yang memiliki riwayat hipertensi sejak beberapa tahun lalu. Tekanan darah Ina sempat mencapai angka 200/100. 

Ina menyadari hal tersebut dengan cepat sehingga ia langsung memilih pola hidup sehat dengan cara yang tepat. Dan kini tekanan darahnya sudah terkendali dengan baik. 

Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J, 3 Terdakwa Saling Beri Kesaksian (4)

Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J, 3 Terdakwa Saling Beri Kesaksian (4)

Breaking News • 7 hours ago

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Rabu (30/11/2022). Ketiga terdakwa yakni Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf akan menjadi saksi satu sama lain. 

Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf akan menjadi saksi bagi terdakwa Richard Eliezer. Sementara Richard Eliezer dan Kuat Ma'ruf akan menjadi saksi bagi Ricky Rizal. Terakhir, Ricky Rizal dan Richard Eliezer akan menjadi saksi bagi Kuat Ma'ruf. 

Sidang masih akan digelar di ruang sidang utama PN Jakarta Selatan dengan majelis hakim yang dipimpin oleh Wahyu Imam Santosa, Morgan Simanjuntak dan Alimin Ribut Sujono.